• SMA NEGERI 1 WIRADESA
  • Berilmu, Sehat, Mandiri, Berkarya



Education for Sustainable Development (EfSD) : Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SMA N 1 Wiradesa

oleh : Teguh Priyatmo Hadi, S.Pd, M.Pd

Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals).  Dalam kaitan tersebut, Indonesia telah memasukkan konsep berkelanjutan sebagai salah satu prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan nasional. Hal ini ditunjukkan pada Undang-Undang Pendidikan Nasional dan Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014 yang menjadikan pendidikan untuk perkembangan, pengembangan dan/atau pembangunan berkelanjutan.

Education of Sustainable Development atau Konsep Pendidikan Pengembangan Berkelanjutan adalah salah satu konsep/metode pembelajaran yang telah disahkan oleh UNESCO. Dibentuknya konsep EfSD ini dilatarbelakangi oleh semakin tidak terkendalinya populasi manusia baru yang tidak seimbang dengan produktivitas keadaan alam disekelilingnya. Perkembangan IPTEK yang dihasilkan malah semakin merusak, dan mengganggu kestabilan alam. Oleh karena itu, metode ini dibuat untuk membentuk manusia yang semakin berkembang semakin melestarikan, mamelihara dan menciptakan teknologi-teknologi ramah lingkungan (mengarah ke Sustainable Developmant).

EfSD sangat diperlukan karena pola  pikir  siswa saat  ini  dicirikan  oleh  kepercayaan  bahwa: (1) Manusia adalah   bagian   terpisah   dari   alam   dan merupakan spesies yang dominan, (2) Sumber daya adalah  sesuatu  yang  dapat  dimanfaatkan  secara bebas  dan  tidak  ada habis-habisnya, (3) Berbagai  teknologi telah tersedia untuk menyelesaikan sebagian besar  persoalan, serta (4) Alam  memiliki  kapasitas  yang tidak  terbatas  untuk  mengasimilasi  limbah  manusia. Pola pikir yang antroposentris tersebut tidak terlepas   dari cara pengajaran dan pembelajaran yang dianut lembaga pendidikan. Oleh karena itu SMA N 1 Wiradesa berusaha menghilangkan pola pikir tersebut dan memperbaiki karakter siswa maupun tenaga pendidikan agar peduli terhadap lingkungan hidup.

SMA N 1 Wiradesa berusaha membangun karakter peduli lingkungan hidup melalui implementasi program adiwiyata. Menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata mengatakan bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program adiwiyata ialah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Adiwiyata memiliki pengertian atau makna sebagai salah satu tempat yang baik dan juga ideal yang diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Penanaman karakter peduli lingkungan sangat penting untuk kebaikan bumi saat ini maupun masa depan. Sehingga kesuksesan program adiwiyata dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Dalam pelaksanaan program Adiwiyata digunakan dua prinsip dasar, yaitu prinsip partisipatif dan prinsip berkelanjutan. Prinsip partisipatif yang dimaksudkan adalah adanya keterlibatan seluruh komunitas sekolah dalam manajemen sekolah yang meliputi seluruh proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang dilaksanakan sesuai tanggung jawab dan perannya masing – masing. Sedangkan prinsip berkelanjutan yang dimaksud adalah seluruh kegiatan yang dilaksanakan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Upaya meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya kompetensi pendidik yang terus ditingkatkan, melainkan juga kualitas kondisi sekolahpun  juga perlu ditingkatkan, sehingga terwujud lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran yang sehat, nyaman serta membentuk siswa yang kreatif. SMA N 1 Wiradesa berkomitmen dan berusaha untuk mewujudkan upaya-upaya tersebut demi terciptanya keasadaran warga sekolah dalam bidang lingkungan hidup.

Keikutsertaan SMA N 1 Wiradesa dalam program adiwiyata membuat sekolah menjadi berkarakter, yang terlihat dari sistem pendidikan sekolah yang berfokus pada pengembangan aspek kecerdasan (kognitif), aspek keterampilan (psikomotorik), serta aspek sikap dan nilai (afektif) secara bersamaan dan seimbang. Sehingga diharapkan Konsep Pendidikan Pengembangan Berkelanjutan atau Education of Sustainable Development dapat sukses dilaksanakan, khususnya di SMA N 1 Wiradesa.